Rabu, 06 Juli 2011

analisis stp dan 4p


Analisis  STP & 4P
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan 4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni Product, Price, Place dan Promotion.
-          Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Kotler, 1997:73)
-          Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997:85)
-          Penetapan pasar sasaran (targeting) adalah adalah memilih satu atau beberapa segmen pasar yang paling potensial untuk ditawarkan produk perusahaan. Menurt Kotler dan Keller (2008:95)

Contoh analisis terhadap 5 produk
1.   Nama  Produk : YAKULT
a.      Analisis STP ( Segmentation, Targeting, dan positioning)
-          Segmentation    :  remaja / dewasa,keluarga
-          Targeting             : remaja / dewasa yang sadar akan pentingnya kesehatan
-          Positioning         : minuman prebiotik untuk kesehatan
4P
-          Produck : Yakult
-          Price      :  rp. 6200 /pack
-          Place     : di pasar,toko,swalayan2 yang menjual makanan
-          Promotion : media iklan tv, majalah, Koran, website





2.    Susu Dancow
-          Segmentasi     : anak anak
-          Targeting          :anak anak usia 1-3 taun, 3-6 tahun, dan g tahun ke atas
-          Positioning       : sebagai susu balita
4P
-          Produck : Dancow
-          Price     : Rp.9000-Rp.60000
-          Place    : toko , swalayan, dll
-           promotion : media iklan televisi, majalah, koran, website, event

                       
3.   Susu ANLENE Gold
-          Segmentasi : orang tua
-          Targeting : orang tua yang berusia 50 ke atas 
-          Positioning : sebagai susu kalsium untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos)

4P
-          Produk : Anlene Gold
-          Price : Rp. 24000 – Rp .82.000
-          Place : swlayan, pasar, dll
-          Promotion : media iklan tv, majalah, Koran, website,event

4.   Susu SGM 1
-          Segmentasi  : untuk bayi
-          Targeting     :  ibu yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan
-          Positioning      :  sebagai susu bayi dengan formula

4 P
-          Produk : SGM 2
-          Price    : Rp.10000-Rp.40.000
-          Place   : swlayan , toko, pasar, dll
-          Promotion       : melalui media iklan televise, Koran, majalah, banner

5. susu bear brand
- segmentasi : semua kalangan
- targeting : semua kalangan yang ingin mengkonsumsi susu murni steril
- positioning ;sebuah susu yang memiliki kandungan yang mampu memberikan alternatif lain
4 P
- produk : susu bear brand
- price : Rp. 6000
- place : pasar, swalayan, toko makanan, dll
-promotion : melalui iklan televisi, banner, koran, radio, dll

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar