Analisis STP & 4P
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan 4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni Product, Price, Place dan Promotion.
- Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Kotler, 1997:73)
- Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997:85)
- Penetapan pasar sasaran (targeting) adalah adalah memilih satu atau beberapa segmen pasar yang paling potensial untuk ditawarkan produk perusahaan. Menurt Kotler dan Keller (2008:95)
Contoh analisis terhadap 5 produk
1. Nama Produk : YAKULT
a. Analisis STP ( Segmentation, Targeting, dan positioning)
- Segmentation : remaja / dewasa,keluarga
- Targeting : remaja / dewasa yang sadar akan pentingnya kesehatan
- Positioning : minuman prebiotik untuk kesehatan
4P
- Produck : Yakult
- Price : rp. 6200 /pack
- Place : di pasar,toko,swalayan2 yang menjual makanan
- Promotion : media iklan tv, majalah, Koran, website
2. Susu Dancow
- Segmentasi : anak anak
- Targeting :anak anak usia 1-3 taun, 3-6 tahun, dan g tahun ke atas
- Positioning : sebagai susu balita
4P
- Produck : Dancow
- Price : Rp.9000-Rp.60000
- Place : toko , swalayan, dll
- promotion : media iklan televisi, majalah, koran, website, event
3. Susu ANLENE Gold
- Segmentasi : orang tua
- Targeting : orang tua yang berusia 50 ke atas
- Positioning : sebagai susu kalsium untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos)
4P
- Produk : Anlene Gold
- Price : Rp. 24000 – Rp .82.000
- Place : swlayan, pasar, dll
- Promotion : media iklan tv, majalah, Koran, website,event
4. Susu SGM 1
- Segmentasi : untuk bayi
- Targeting : ibu yang mempunyai bayi berusia 0-6 bulan
- Positioning : sebagai susu bayi dengan formula
4 P
- Produk : SGM 2
- Price : Rp.10000-Rp.40.000
- Place : swlayan , toko, pasar, dll
- Promotion : melalui media iklan televise, Koran, majalah, banner
5. susu bear brand
- segmentasi : semua kalangan
- targeting : semua kalangan yang ingin mengkonsumsi susu murni steril
- positioning ;sebuah susu yang memiliki kandungan yang mampu memberikan alternatif lain
4 P
- produk : susu bear brand
- price : Rp. 6000
- place : pasar, swalayan, toko makanan, dll
-promotion : melalui iklan televisi, banner, koran, radio, dll
5. susu bear brand
- segmentasi : semua kalangan
- targeting : semua kalangan yang ingin mengkonsumsi susu murni steril
- positioning ;sebuah susu yang memiliki kandungan yang mampu memberikan alternatif lain
4 P
- produk : susu bear brand
- price : Rp. 6000
- place : pasar, swalayan, toko makanan, dll
-promotion : melalui iklan televisi, banner, koran, radio, dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar