Selasa, 19 Juli 2011

STP

segmenting :  IM3 membagi pasar menurut usia, im3 memfokuskan untuk membidik konsumen usia muda sebagai basis utama pelanggan yaitu yang berusia 17-25 tahun 


 Product

“IM3 
Fitur Terlengkap, Suara Terjernih, Harga Termurah
Strategi untuk menentukan jenis dan bentuk produk yang dihasilkan meliputi kombinasi dari barang dan jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran. Dalam kebijakan ini diperhitungkan pula berbagai atribut seperti bentuk, mutu, ciri khas, gaya, nama merk, kemasan, layanan dan jaminan. IM3 Smart adalah produk prabayar IM3 yang pembayarannya dibayar di muka dengan membeli voucher. Pelanggan dengan mudah mengontrol pulsa dan dapat mengetahui sisa pulsa kapan saja. Nomor akses IM3 Smart 0856 xx xxxxx. IM3 lebih terkontrol namun tetap fleksibel, karena pelanggan dapat dengan mudah mengisi kembali IM3 Smart dengan voucher isi ulang, kapan saja dan dimana saja.


Place


Saluran Distribusi

  1. Galeri IM3, pendistribusian yang dikelola sendiri, artinya bahwa untuk menyampaikan IM3 Smart ke pelanggan, IM3 mendistribusikan sendiri dengan outlet sendiri. Sampai pertengahan tahun 2002, galeri IM3 sudah tersebar di 6 kota besar dengan 9 galeri IM3, antara lain : Galeri IM3 Jakarta (4 galeri), Galeri IM3 Bandung (1 galeri), Galeri IM3 Semarang (1 galeri), Galeri IM3 Surabaya (1 galeri), Galeri IM3 Denpasar (1 galeri), Galeri IM3 Batam (1 galeri)
  2. Dealer Distributor, pendistribusian melalui pihak ketiga. Disamping mendistribusikan dengan outlet sendiri, IM3 juga menggunakan dealer sebagai saluran distribusi. Pemilihan dealer ini melalui tender yang dibuka oleh IM3. di enam kota diatas, masing-masing terdapat 5 galeri dealer yang terbagi atas 3 galeri dealer nasional, yaitu Fuji Image Plaza, Global Teleshop dan Trikomsel dan 2 galeri dealer lokal, untuk kota Bandung yaitu Dago Seluler dan Tripoint.
  3. Ritel, merupakan jalur distributor terakhir yang menyampaikan IM3 ke pelanggan. Ritel ini tidak berhubungan langsung dengan perusahaan IM3, tetapi hanya berhubungan dengan galeri dealer yang ada di setiap kota.


price

Fitur Terlengkap, Suara Terjernih, Harga Termurah
Strategi harga merupakan strategi yang dijalankan perusahaan untuk menentukan jumlah uang yang harus dibayarkan konsumen guna mendapatkan barang tersebut. Strategi harga meliputi : daftar harga, potongan, syarat pembayaran dan periode pembayaran.
  1. Faktor Internal yang mempengaruhi Penetapan Harga IM3
[  Sasaran pemasaran, Image / Market Positioning  - IM3 dalam menetapkan harga bertujuan untuk membangun positioning image di mata pelanggan sebagai produk dengan tarif yang murah.
[  Strategi Bauran Pemasaran, Target Costing – IM3 terlebih dahulu menentukan harga jual ke pasar dan dalam hal biaya akan menyesuaikan.
  1. Faktor Internal yang mempengaruhi Penetapan Harga IM3
[  Struktur Pasar dan Permintaan, peningkatan jumlah pemakai telepon selular yang menginginkan harga paling murah, mendorong IM3 untuk menetapak harga paling murah.
[  Persaingan, operator selular yang menjadi pionir dalam bisnis selular ini telah memasang harga yang cukup mahal, maka IM3 menetapkan harga yang lebih rendah daripada perusahaan yang sudah ada tersebut.
  1. Pendekatan Penetapan Harga
“Competition Based Approach”, IM3 dalam menetapkan harga menggunakan pendekatan yang mengikuti harga yang sudah ditetapkan oleh pesaing, tetapi tidak melebihi harga pesaing.
  1. Strategi Penetapan Harga
“Market Penetration Pricing”, karena IM3 merupakan produk baru, maka menggunakan strategi harga untuk produk baru dengan metoda menetapkan harga paling murah daripada pesaing untuk menarik jumlah pelanggan yang ada sebanyak mungkin termasuk pelanggan potensial. “Strategi Penyesuaian Harga”, dalam bentuk Discount Pricing dan Promotional Pricing.




Promotion (Marketing Communication)


Y  Advertising - IM3 mengiklankan produknya melalui media elektronik (TV, radio, Internet), media cetak (majalah, koran, tabloid, brosur, spanduk, baliho, pamflet, selebaran)
Y  Sales Promotion - pemberian discount, paket hemat kartu perdana prabayar, potongan tarif untuk sambungan lokal sesama IM3, SMS gratisan.
Y  Public Relation – M3 Soccer, M3 Goes to Campus, M3 Goes to School, seminar, pameran.
Y  Personal Selling – Sales Promotion Girl pada Galeri IM3










Tidak ada komentar:

Posting Komentar